Jumat, 24 Mei 2013

eBay - Kejahatan Online

Ebay adalah salah satu e-bisnis yang paling mengutungkan. Ebay didirikan oleh pasangan Omidyars, yaitu Pierre Omidyar dan Pam Omidyars. Pada awalnya di tahun 1995, perusahaan yang mereka didirikan bernama AuctionWeb yang kemudian berganti nama menjadi eBay. Ebay merupakan media penjualan dan situs lelang yang sering digunakan oleh masyarakat di dunia untuk mendaptakan barang – barang yang mereka butuhkan. Ebay telah menarik perhatian banyak orang karena situs ini merupakan layanan pelanggan yang sangat otomatis, yang dapat membantu penjual dan pembeli memperdagangkan barang yang berkualitas baik, seperti mobil, motor, pakaian, barang elektronik, dan lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak orang yang menggunakan situs lelang terbesar ini untuk mendapatkan produk yang diinginkan dan terjadilah transaksi antar penjual dan pembeli barang tersebut, sehingga situs eBay pun menjadi semakin besar. Semakin besarnya suatu situs tidak menjamin bahwa situs tersebut tidak terdapat permasalahan. Permasalahan yang ada pada situs eBay pada saat ini adalah kejahatan online. Kejahatan online yang terjadi seperti penipuan online, penyalanggunaan account ini dapat merugikan berbagai pihak, yaitu pihak dari situs eBay, pihak penjual (seller), dan pihak pembeli. 

Contoh kejahatan online yang lain pun adalah layanan escrow yang palsu. Escrow merupakan salah satu cara pembayaran yang digunakan dalam eBay. Solusi dari layanan escrow palsu adalah penjual harus selalu memverifikasi keaslian layanan escrowJika penawar bersikeras layanan escrow-nya, kemungkinan besar, orang itu adalah scammer. 

Selain solusi untuk layanan escrow, masalah – masalah lain yang terjadi pun mempunyai solusi – solusinya seperti eBay Seller Payment Protection dan menerapkan perlindungan pembeli eBay.
  1. eBay Seller Payment Protection
    Penerapan eBay Seller Payment Protection digunakan untuk membuat penjual merasa lebih aman menjual barang di situs ebay. eBay Seller Payment Protection adalah bentuk perlindungan bagi penjual eBay.Perlindungan ini mencakup untuk klaim, tolak bayar, pembalikkan pembayaran yang tidak sah dan barang tidak diterima bila transaksi memenuhi kriteria kelayakan, perlindungan kartu kredit dengan tagihan balik, menjamin cek elektronik, pemrosesan yang aman, dan perlindungan privasi. Adapun syarat untuk perlindungan penjual adalah :
    1.  jadilah seorang penjual di eBay dengan rekening PayPal Premier atau Bisnis yang terdaftar di kualifikasi Negara
    2.     hanya terima pembayaran penuh dari rekening PayPal yang sama (tidak ada pembayaran parsial)
    3.      menerima pembayaran melalui PayPal hanya untuk item yang dijual di eBay
    4.  mengirim ke alamat pembeli yang ditampilkan pada halaman PayPal “Transaction Details” ketika status pembayaran menunjukkan “OK to ship”. Pelajari lebih lanjut tentang ulasan pembayarn.
    5.  periksa kelayakan dalam “Transaction Details” dengan log in ke PayPal, kunjungi account history anda dan klik link “Details” di sebelah transaksi

    6.    Menyediakan dokumentasi pengiriman dan menanggapi dengan dokumentasi pengiriman terkait dalam waktu 7 hari ketika klaim, tolak bayar, atau pembalikan.

  2. perlindungan pembeli eBay
    Perlindungan pembeli eBay digunakan untuk melindungi transaksi yang memenuh syarat untuk pembelian yang telah lunas ditambah biaya pengiriman awal. Perlindungan pembeli eBay ini dapat menjadi solusi jika pembeli membeli barang di eBay tetapi tidak menerimanya atau menerima barang yang berbeda dengan keterangan yang ada. Adapun syarat untuk perlindungan pembeli eBay ini adalah :
    1.  Beli barang yang memenuhi syarat di eBay menggunakan metode pembayaran yang disetujui e-Bay.
    2. Bayar barang dengan sekali pembayaran. Barang yang dibeli dengan beberapa pembayaran tidak memenuhi syarat.
    3.  Kirim pembayaran dengan mengklik tombol Bayar pada faktur eBay atau dengan mengklik tombol bayar Sekarang pada halaman barang eBay.
    4. Beri tahu penjual bila terjadi masalah pada transaksi dengan membuka Klaim Perlindungan Pembeli eBay di Pusat Resolusi eBay. Tindakan ini harus dilakukan dalam 45 hari sejak tanggal pembayaran.
    5.      Anda dapat melaporkan masalah melalui Pusat Resolusi eBay atau Pusat Resolusi PayPal, dan bukan keduanya. Jika eBay memutuskan bahwa Anda layak menerima pengembalian dana, uang akan dikreditkan ke rekening PayPal Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar